Kamis, 25 Agustus 2016

Tips Top untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu diagnosis yang paling ditakuti wanita bisa mendapatkan. Hanya menyebutkan itu menciptakan bayangan kematian, keputusasaan, atau paling, cacat.

Menurut breastcancer.org, 1 satu dari delapan wanita akan mengalami kanker payudara invasif dalam hidupnya, dan hampir 40.000 wanita kehilangan nyawa mereka untuk penyakit ini setiap tahun.

Dengan peluang tersebut ditumpuk terhadap Anda, apa, jika ada, yang dapat Anda lakukan untuk mencegah menjadi statistik? Sebenarnya, ada banyak langkah-langkah yang dapat Anda ambil-masing yang akan membantu menurunkan risiko Anda.

mencegah kaker payudara

Sangat penting untuk menyadari bahwa kurang dari 10 persen dari semua kasus kanker payudara diduga terkait dengan risiko genetik factors.2 Sisa-90 persen-tampaknya dipicu oleh faktor lingkungan.

Saya sangat percaya bahwa kanker dapat dicegah melalui perubahan gaya hidup yang sesuai, seperti membersihkan diet Anda, mengoptimalkan kadar vitamin D Anda, berolahraga, dan menghindari racun dari setiap sumber yang Anda bisa.

Ini berarti mengambil persediaan hati dari rumah tangga dan produk perawatan pribadi yang Anda gunakan, dan perabot dan barang-barang yang berpotensi beracun lainnya Anda masuk ke dalam kontak dengan setiap hari. overexposure beracun diragukan lagi memainkan peran utama dalam perkembangan kanker, dan studi terbaru akhirnya mulai menjelaskan pelanggar terburuk.


Ilmuwan Mengidentifikasi 'Prioritas tertinggi' Racun untuk Pencegahan Kanker Payudara


Menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan di National Institutes of Health (NIH) jurnal, Environmental Health Perspectives, 3 Anda dapat mengurangi risiko kanker payudara dengan menghindari bahan kimia tertentu yang ditemukan kesamaan, produk sehari-hari. Seperti dilansir Rodale: 4

"Karena studi ini menemukan bahwa tes hewan dapat memprediksi kemungkinan karsinogen payudara manusia, laporan baru bisa berfungsi sebagai langkah maju yang besar dalam pencegahan kanker payudara, memperluas daftar kemungkinan pemicu kanker payudara. Mengetahui ciri ciri kanker payudara trahap awal Itu sangat penting karena hanya sekitar 10 persen kanker payudara adalah genetik di alam-ilmuwan percaya lingkungan memainkan peran besar ...

'Setiap wanita di Amerika telah terkena bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko nya terkena kanker payudara. Sayangnya, hubungan antara bahan kimia beracun dan kanker payudara sebagian besar telah diabaikan, "kata Julia Brody, PhD, penulis studi dan direktur eksekutif di Silent Spring Institute. 'Mengurangi eksposur kimia bisa menyelamatkan nyawa banyak, banyak perempuan.' "

Dalam studi sebelumnya, para peneliti telah mengidentifikasi 216 bahan kimia yang meningkatkan tumor kelenjar susu pada hewan pengerat. Dalam tulisan ini, mereka mempersempit fokus ke 102 bahan kimia yang banyak perempuan yang terkena secara teratur, melalui makanan, obat-obatan, polusi udara, atau produk konsumen.

Mereka kemudian diprioritaskan bahan kimia, dan dikelompokkan berdasarkan paparan, potensi karsinogenik, dan struktur kimia. penyortiran ini mengakibatkan 17 kelompok kimia bahan kimia terkait, yang ditandai sebagai "prioritas tinggi" karena kemampuan mereka untuk secara konsisten menghasilkan tumor mammae pada binatang percobaan.


daftar mereka dari kelompok kimia penyebab kanker untuk menghindari, dan sumber-sumber yang paling umum dari paparan, meliputi berikut ini. Lain 27 karsinogen yang berbeda yang tidak sesuai dengan kategori kimia yang tercantum di bawah juga dianggap prioritas tinggi. Bahan kimia ini termasuk orang-orang tertentu yang ditemukan dalam pestisida, produk konsumen, dan makanan.

Dua contoh yang terakhir adalah metil eugenol, yang digunakan dalam makanan olahan sebagai penyedap alami dan buatan, dan nitrosamin dalam daging asap. Para peneliti juga daftar obesitas dan radiasi medis sebagai faktor risiko yang dapat dicegah, yang terakhir yang akan mencakup mammogram yang tidak perlu.

Prioritas Tinggi Kimia untuk Hindari untuk Pencegahan Kanker Payudara


Flame retardants: produk Flame retardant, resin poliester, polimer plastik, dan poliuretan kaku busa Acrylamide: Diet (terutama makanan bertepung, seperti kentang goreng, dimasak pada suhu tinggi), asap rokok, dan gel poliakrilamida dalam produk konsumen, seperti popok

amina aromatik: Polyurethane, pestisida, pewarna Azo, dan banyak produk lainnya Benzene: Bensin (naik mobil, memompa bensin, dan menyimpan bensin di bawah tanah atau garasi), asap tembakau, Penghilang perekat, cat, sealant, finishers, dan bahan bakar mesin dan minyak

Halogenasi pelarut organik: pembersih kering, hair spray propelan, fumigants tanah, pengolahan makanan, aditif bensin, dan cat dan tempat Penghilang Ethylene (ETO) dan propilena oksida (PO): ETO adalah gas yang digunakan untuk mensterilkan peralatan medis, makanan dan rempah-rempah, pakaian, dan alat musik. Juga ditemukan dalam asap tembakau dan auto knalpot. PO adalah sterilisasi dan fumigan. Juga ditemukan di otomotif dan cat produk

1,3-Butadiene: Asap rokok, knalpot mobil, uap bensin, dan emisi dari fasilitas industri amina heterosiklik: Daging dimasak pada suhu tinggi, dan asap tembakau

Endogen dan farmasi hormon dan endokrin mengganggu kimia lainnya: Estrogen, progesteron, dan DES, bersama dengan hormon lain obat-obatan non-hormonal yang memiliki aktivitas hormonal ini meliputi empat agen kemoterapi, dua obat-obatan hewan mungkin hadir dalam makanan, furosemide diuretik, anti griseofulvin -fungal, dan beberapa agen anti infeksi

MX: Salah satu dari ratusan genotoksik oleh-produk dari disinfeksi air minum perfluorooctanoic PFOA asam: Non-stick dan coating tahan noda pada karpet, furnitur, pakaian dan peralatan masak; pemadam kebakaran aplikasi, kosmetik, pelumas, cat, dan perekat

Nitro-PAH: Polusi udara, terutama dari PAH diesel knalpot: Asap tembakau, polusi udara, dan makanan hangus

Ochratoxin A (a mikotoksin alami): Terkontaminasi gandum, kacang-kacangan, dan produk babi Styrene: Makanan yang telah di kontak dengan polystyrene; produk konsumen dan bahan bangunan, termasuk polystyrene, karpet, perekat, hobi dan kerajinan persediaan, dan produk perawatan rumah
Flame retardants Apakah FAR lebih berbahaya daripada baik ...

Meskipun sulit untuk satu dari setiap kelompok bahan kimia tertentu sebagai "yang terburuk," retardants api mungkin sesuai dengan tagihan oleh fakta bahwa mereka digunakan dalam begitu banyak perabotan, termasuk kasur Anda, di mana Anda menghabiskan sebagian besar hidup Anda. Tahun lalu, saya menulis tentang kampanye menipu yang menyebabkan proliferasi bahan kimia tahan api. Sebagaimana dilaporkan dalam sebuah serial investigasi "Bermain Dengan Api" oleh Chicago Tribune: 5

"Rata-rata bayi Amerika lahir dengan 10 jari, 10 jari kaki dan tingkat tertinggi yang tercatat flame retardants di antara bayi di dunia. Bahan kimia beracun yang hadir di hampir setiap rumah, dikemas ke sofa, kursi dan banyak produk lainnya. Dua industri yang kuat - Big Tobacco dan kimia produsen - dilancarkan kampanye menipu yang menyebabkan proliferasi bahan kimia ini, yang bahkan tidak bekerja seperti yang dijanjikan ".

Diperkirakan 90 persen orang Amerika memiliki bahan kimia tahan api di tubuh mereka, dan banyak penelitian telah menghubungkan mereka untuk risiko manusia kesehatan, termasuk infertilitas, cacat lahir, skor IQ lebih rendah, masalah perilaku pada anak-anak, serta hati, ginjal, testis, dan kanker payudara.

bahan kimia tahan api milik kelas yang sama dari bahan kimia seperti DDT dan PCB (organohalogens), dan seperti yang pertama, mereka juga membangun di lingkungan. Bahan kimia ini juga bereaksi dengan racun lain karena mereka membakar untuk menghasilkan dioksin menyebabkan kanker dan furan. Industri kimia mengklaim bahwa kenaikan furniture tahan api melarikan diri waktu di api dengan 15 kali lipat.

Pada kenyataannya, klaim ini datang dari sebuah penelitian menggunakan flame retardants kuat, NASA-gaya, yang memberikan tambahan 15 detik waktu melarikan diri. Tapi ini bukan jenis yang sama dari bahan kimia yang digunakan di sebagian besar furnitur, dan pemerintah dan studi independen menunjukkan bahwa paling banyak digunakan bahan kimia tahan api tidak memberikan manfaat bagi masyarakat sekaligus meningkatkan jumlah bahan kimia beracun dalam asap.

Sebuah kimia tahan api yang dikenal sebagai tris yang mengandung klor (TDCPP) telah dihapus dari piyama anak-anak di tahun 1970-an di tengah kekhawatiran bahwa hal itu dapat menyebabkan kanker, tapi sekarang itu adalah tambahan di mana-mana untuk bantal sofa di seluruh Amerika Serikat. Adapun kasur Anda, saya sarankan mendapatkan satu yang baik terbuat dari 100% wol atau Kevlar, yang keduanya flame retardant alami tanpa bahan kimia ditambahkan.

Antiperspirant dan Kosmetik-lain penyebab utama

Paraben adalah bahan kimia yang berfungsi sebagai pengawet dalam antiperspirant dan banyak kosmetik, serta lotion berjemur. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa semua paraben memiliki aktivitas estrogenik dalam sel kanker payudara manusia. Penelitian yang dipublikasikan di 20126 ditemukan satu atau lebih ester paraben di 99 persen dari 160 sampel jaringan dikumpulkan dari 40 mastektomi. Kehadiran konsisten paraben pada jaringan payudara manusia kanker menunjukkan antiperspirant dan kosmetik lainnya juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Sementara antiperspirant merupakan sumber umum dari paraben, para penulis mencatat bahwa sumber parabens tidak dapat dibangun, dan bahwa tujuh dari 40 pasien dilaporkan tidak pernah digunakan deodoran atau antiperspirant dalam hidup mereka. Apa ini memberitahu kita bahwa parabens, terlepas dari sumber, dapat bioakumulasi dalam jaringan payudara. Dan sumber banyak. Parabens bisa ditemukan dalam berbagai macam produk perawatan pribadi, kosmetik, serta obat-obatan. Yang mengatakan, tampaknya rute dermal adalah bentuk paling signifikan dari paparan. Komponen lain dari antiperspirant, aluminium klorida, telah ditemukan untuk bertindak serupa dengan cara onkogen bekerja untuk memberikan transformasi molekul dalam sel-sel kanker.

Payudara lainnya Strategi Pencegahan Kanker


Dalam review terbesar dari penelitian ke dalam gaya hidup dan kanker payudara, American Institute of Cancer Research memperkirakan bahwa sekitar 40 persen kasus kanker payudara US bisa dicegah jika orang membuat pilihan gaya hidup bijaksana. Saya percaya ini adalah perkiraan-bola rendah. Kemungkinan besar, 75 persen menjadi 90 persen dari kanker payudara dapat dihindari dengan ketat menerapkan modifikasi gaya hidup direkomendasikan bawah.

Dietary Guidelines kunci

Hindari gula, terutama fruktosa. Mengurangi atau menghilangkan makanan olahan, gula / fruktosa, dan makanan berbasis gandum dari diet Anda. Semua bentuk gula yang merugikan kesehatan secara umum dan mempromosikan kanker. Fruktosa, bagaimanapun, adalah jelas salah satu yang paling berbahaya. Sebagai pedoman umum, membatasi asupan fruktosa total kurang dari 25 gram sehari. Jika Anda memiliki kanker atau insulin resisten, Anda akan bijaksana untuk membatasi untuk 15 gram atau kurang.

Batasi protein dan meningkatkan lemak sehat: Pertimbangkan mengurangi tingkat protein untuk satu gram per kilogram berat badan ramping. Akan sangat luar biasa untuk kebanyakan orang dewasa membutuhkan lebih dari 100 gram protein dan kemungkinan besar hampir setengah dari jumlah itu. Menggantikan protein dihilangkan dan karbohidrat dengan lemak berkualitas tinggi, seperti telur organik dari ayam merumput, daging berkualitas tinggi, alpukat, dan minyak kelapa. Ada bukti kuat bahwa diet ketogenik membantu mencegah dan mengobati berbagai bentuk kanker.

Dapatkan banyak alami vitamin A. Ada bukti bahwa vitamin A berperan dalam membantu mencegah cancer.7 payudara Hal terbaik untuk mendapatkannya dari vitamin makanan A-kaya, bukan suplemen. Sumber terbaik Anda kuning telur organik, mentega baku, susu mentah, dan daging sapi atau hati ayam. Namun, berhati-hatilah melengkapi karena ada beberapa bukti bahwa berlebihan vitamin A dapat meniadakan manfaat vitamin D. Karena kadar vitamin yang tepat D sangat penting untuk kesehatan Anda secara umum, belum lagi pencegahan kanker, ini berarti bahwa itu penting untuk memiliki rasio yang tepat vitamin D menjadi vitamin A dalam tubuh Anda.

Idealnya, Anda akan ingin memberikan semua vitamin A dan vitamin D substrat yang dibutuhkan tubuh sedemikian rupa bahwa tubuh Anda dapat mengatur kedua sistem alami. Hal ini paling baik dilakukan dengan mengonsumsi sayuran berwarna (untuk vitamin A) dan dengan mengekspos kulit Anda untuk jumlah yang aman dari sinar matahari setiap hari (untuk vitamin D).

Dapatkan jumlah yang cukup yodium. Yodium merupakan elemen jejak penting yang diperlukan untuk sintesis hormon, dan kurangnya itu juga dapat menyebabkan atau memberikan kontribusi untuk pengembangan sejumlah masalah kesehatan, termasuk kanker payudara. Hal ini karena payudara Anda menyerap dan menggunakan banyak yodium, yang mereka butuhkan untuk fungsi sel yang tepat. kekurangan yodium atau kekurangan dalam setiap jaringan akan menyebabkan disfungsi jaringan itu, dan tumor adalah salah satu kemungkinan.

Namun, ada kontroversi yang signifikan atas dosis yang tepat, sehingga Anda perlu berhati-hati di sini. Ada bukti yang menunjukkan bahwa mengambil mega-dosis, dalam puluhan kisaran miligram mungkin menjadi kontraproduktif. Satu studi baru-baru ini menunjukkan hal itu mungkin tidak bijaksana untuk mendapatkan lebih dari sekitar 800 mcg yodium per hari, dan melengkapi dengan sebanyak 12-13 mg (12,000-13,000 mcgs) berpotensi memiliki beberapa effects.8 merugikan kesehatan

Memelihara usus Anda: Mengoptimalkan flora usus Anda akan mengurangi peradangan dan memperkuat respon kekebalan tubuh Anda. Para peneliti telah menemukan mekanisme mikroba tergantung di mana beberapa jenis kanker me-mount respons peradangan yang bahan bakar pembangunan dan pertumbuhan mereka. Mereka menyarankan bahwa menghambat sitokin inflamasi mungkin memperlambat perkembangan kanker dan meningkatkan respon terhadap kemoterapi. Menambahkan makanan fermentasi alami untuk diet harian Anda adalah cara mudah untuk mencegah kanker atau kecepatan pemulihan. Anda selalu dapat menambahkan berkualitas tinggi probiotik suplemen juga, tapi makanan fermentasi alami adalah yang terbaik.

Hindari GMO: Hindari makanan rekayasa genetika seperti yang biasanya diobati dengan herbisida seperti Roundup (glifosat), yang mungkin bersifat karsinogenik. Sebuah tim peneliti Prancis yang telah dipelajari secara ekstensif Roundup menyimpulkan itu beracun untuk sel manusia, dan kemungkinan karsinogenik pada manusia. Pilih segar, organik, sebaiknya lokal makanan pertumbuhan.

Hindari charring daging Anda. Arang atau api panggang daging dihubungkan dengan peningkatan risiko kanker payudara. Akrilamida-karsinogen dibuat ketika makanan bertepung dipanggang, panggang, atau goreng-telah ditemukan untuk meningkatkan risiko kanker payudara juga.
Hindari produk kedelai difermentasi. kedelai difermentasi tinggi di estrogen tanaman, atau phytoestrogen, yang juga dikenal sebagai isoflavon. Dalam beberapa penelitian, kedelai muncul untuk bekerja di konser dengan estrogen manusia untuk meningkatkan proliferasi sel payudara, yang meningkatkan kemungkinan untuk mutasi dan sel-sel kanker.

Minum satu liter jus sayuran hijau organik setiap hari. Tinjau instruksi saya membuat jus untuk informasi lebih lanjut.

Tambahkan seluruh makanan pelawan kanker, herbal, dan rempah-rempah untuk diet Anda, seperti brokoli. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana makanan anti-angiogenetic melawan kanker, silakan lihat artikel kami sebelumnya: "Secara dramatis Efektif New Natural Way kelaparan Kanker dan Obesitas."

Curcumin. Ini adalah bahan aktif dalam kunyit dan dalam konsentrasi tinggi dapat sangat berguna dalam pengobatan kanker payudara. Ini menunjukkan potensi terapi besar dalam mencegah metastasis.9 kanker payudara Untuk mempelajari lebih lanjut tentang penggunaannya untuk pencegahan kanker, silakan lihat wawancara saya dengan Dr. William LaValley.

Hindari minum alkohol, atau setidaknya membatasi minuman beralkohol untuk satu per hari.


Strategi Lifestyle lain untuk Pencegahan Kanker Payudara
Optimalkan vitamin Anda D. Vitamin D mempengaruhi hampir setiap sel dalam tubuh Anda dan merupakan salah satu pejuang kanker yang paling ampuh alam. Ada lebih dari 800 referensi dalam literatur medis menunjukkan vitamin efektivitas Ds melawan kanker. Vitamin D sebenarnya mampu memasuki sel kanker dan memicu apoptosis (kematian sel). Penelitian telah menunjukkan vitamin D membunuh sel kanker secara efektif sebagai obat kanker payudara beracun Tamoxifen, tanpa efek samping yang merugikan dan pada sebagian kecil dari biaya. Vitamin D bekerja secara sinergis dengan setiap pengobatan kanker Aku sadar, tanpa efek samping.

Menurut Carole Baggerly, pendiri GrassrootsHealth, sebanyak 90 persen dari kanker payudara biasa mungkin sebenarnya berhubungan dengan defisiensi vitamin D. Baru-baru ini, sebuah meta-analisis dari lima penelitian yang diterbitkan dalam Maret 2014 isu Antikanker Research10 menemukan bahwa pasien yang didiagnosis dengan kanker payudara yang memiliki kadar vitamin D yang tinggi dua kali lebih mungkin untuk bertahan hidup dibandingkan dengan wanita dengan levels.11 rendah, 12, 13 kelompok serum yang tinggi memiliki tingkat vitamin D rata-rata 30 nanogram per mililiter (ng / ml). Perempuan dalam kelompok serum yang rendah rata-rata 17 ng / ml, yang merupakan rata-rata tingkat vitamin D yang ditemukan di patients.14 kanker payudara Amerika

Para peneliti mendesak dokter untuk membuat vitamin D monitoring dan optimasi bagian dari perawatan kanker payudara standar. Menurut temuan unggulan, Anda memerlukan setidaknya 30 ng / ml serum 25-hydroxyvitamin D (25 (OH) D) untuk mencegah kanker dari menyebar. Yang mengatakan, penelitian lain menunjukkan Anda akan lebih baik dengan tingkat setinggi 80 ng / ml. Satu 2011 study15, 16 menemukan bahwa tingkat vitamin D dari 50 ng / ml dikaitkan dengan risiko 50 persen lebih rendah terkena kanker payudara.

Menjaga berat badan yang sehat. Ini akan datang secara alami ketika Anda mulai makan yang tepat untuk jenis nutrisi dan berolahraga. Sangat penting untuk menurunkan kelebihan lemak tubuh karena lemak menghasilkan estrogen, yang dapat memicu kanker payudara.

Meningkatkan insulin / sensitivitas reseptor leptin Anda. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menghindari gula dan biji-bijian dan memastikan Anda berolahraga secara teratur, idealnya dengan memasukkan prinsip-prinsip Puncak Kebugaran.

Hindari xenoestrogens. Xenoestrogens adalah bahan kimia sintetis yang meniru estrogen alami. Mereka telah dikaitkan dengan berbagai efek kesehatan manusia, termasuk mengurangi jumlah sperma pada pria dan meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Ada sejumlah besar xenoestrogens, seperti hormon bovine pertumbuhan susu komersial, plastik seperti bisphenol A (BPA), phthalates dan paraben dalam produk perawatan pribadi, dan bahan kimia yang digunakan dalam bahan non-stick, hanya untuk beberapa nama.

Menyusui secara eksklusif selama enam bulan. Penelitian menunjukkan ini akan mengurangi risk.17 kanker payudara Anda

Hindari memakai bra underwire. Ada banyak data yang bra logam underwire meningkatkan risiko kanker payudara Anda.

Hindari medan elektromagnetik sebanyak mungkin. Membatasi eksposur Anda dan melindungi diri dari radiasi yang dihasilkan oleh ponsel, menara, BTS, dan stasiun Wi-Fi, serta meminimalkan paparan Anda dari scan medis berbasis radiasi, termasuk x-ray gigi, CT scan, dan mammogram. Barang-barang seperti selimut listrik dapat sangat mengganggu dan meningkatkan risiko kanker Anda.

Cukup tidur: Pastikan Anda mendapatkan cukup tidur restoratif. tidur yang buruk dapat mengganggu produksi melatonin, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko resistensi insulin dan berat badan, baik yang berkontribusi kejantanan kanker.

Mempekerjakan alat manajemen stres yang efektif: Stres dari semua penyebab penyumbang utama penyakit.

 Bahkan CDC menyatakan bahwa 85 persen penyakit didorong oleh faktor emosional. Sangat mungkin bahwa stres dan masalah emosional yang belum terselesaikan mungkin lebih penting daripada yang fisik, jadi pastikan ini ditujukan. alat favorit saya untuk menyelesaikan tantangan emosional adalah Emotional Freedom Technique (EFT).

Mengambil Pengendalian Gaya Hidup Anda Bisa Secara signifikan Mengurangi Odds Anda dari Kanker

Mencegah kanker payudara jauh lebih penting dan kuat daripada hanya mencoba untuk mendeteksi hal itu, dan menghindari bahaya kimia seperti yang diulas di atas adalah bagian besar dari setiap strategi pencegahan kanker. 

Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda menghindari mereka ketika ada begitu banyak? Jawaban saya adalah untuk membersihkan hidup Anda ke tempat makanan, air, pakaian, perabotan, dan produk lain yang datang ke dalam kontak teratur dengan adalah sebagai dekat dengan alam dan diproses mungkin.

Ini berarti mencari organik diproduksi item-baik itu sepotong makanan, pakaian, seprei, deterjen, atau sampo. Semua itu penting, karena itu akumulasi paparan dari semua sumber yang bervariasi ini yang berakhir mendatangkan malapetaka. Dalam kasus pembersih rumah tangga dan barang-barang perawatan pribadi, Anda tidak mahal dapat menggantikan sebagian atau semua dari mereka dengan hanya beberapa sederhana, bahan-bahan non-toksik. Minyak kelapa, misalnya, memiliki kegunaan yang tak terhitung jumlahnya di sekitar rumah. Ditto untuk baking soda dan cuka. Banyak dari rekomendasi yang tercantum di atas juga akan secara otomatis mengurangi paparan terhadap racun penyebab kanker.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Top untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.